28 Januari 2009

Pusing dengan Netbook Zyrex Ubud 611

Netbook Zyrex Ubud 611. Ukurannya yang sangat kecil dan ringan memang membuat Saya tergiur untuk memilikinya. Spesifikasi lengkapnya VIA C7-M, ULV 1.2GHz, 1 GB DDR2, 60GB PATA 1.8", 7"WVGA, 4 in 1 Card Reader, Wifi, Bluetooth, dan Camera 0.3M pixel.

Saya diminta teman Saya untuk memasang sistem operasi Linux di Netbook Zyrex Ubud 611 ini, Saya sudah coba Ubuntu 8.10 dengan xfce4, dan Linux Peasy 1.0 (Distro Linux turunan Ubuntu). Hasilnya tidak memuaskan, Karena processor yang berkecepatan rendah dan layar yang kecil, belum lagi hardware yang tidak didukung oleh Ubuntu seperti wireless dan webcam, membuat Saya jadi ragu untuk mencoba Linux yang lain.

Sebelumnya sistem operasi yang dimiliki oleh Netbook Zyrex ini adalah MS Windows XP Professional SP3. Dengan Windows XP, tingkat respon yang dimiliki oleh netbook lebih baik dibanding Linux Ubuntu dan Linux Easy Peasy tapi sayangnya masih tidak nyaman, bahkan itu sudah mematikan semua fitur visual yang ada pada Windows XP.

Karena dukungan driver pada Linux yang Saya ragukan, terutama akibat tidak terdeteksinya hardware wireless lan yang merupakan fungsi penting pada netbook, Saya berencana untuk mengembalikan sistem operasinya kembali menjadi Windows XP, yang tentu saja juga kurang memuaskan.

Masih dalam rencana, kalau sempat Saya ingin coba memasang Damn Small Linux atau Linux Sabayon di netbook Zyrex Ubud 611. Ada yang punya ide lain?

Tidak ada komentar: